BANMUS DPRD Terbentuk, Sentral Agenda DPRD Harus Terencana dan Sesuai Aturan

Teropongmedia.com -Sekertaris Dewan (Sekwan), Suroto, bersama staf DPRD Kutim telah selesai menjadwalkan seluruh agenda kerja para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur, agenda kerja sendiri akan dilaksanakan per April ini, serta pada mei mendatang akan menjadi bulan penyampaian raperda revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018.

“Dibulan April ini ada beberapa agenda, diantaranya pengesahan 5 raperda di paripurnakan, tiga raperda Pemda dan dua Raperda Inisiatif DPRD Kutim, serta rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati  masa jabatan 2017.” katanya seusai Coffee Morning dikantor Bupati ruang meranti bukit pelangi. Senin (09/04).

Dikatakan Suroto, beberapa waktu lalu anggota DPRD kutim membentuk Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat (Banmus DPRD) adalah kelengkapan DPRD yang bersifat tetap. Sementara didalam rapat Banmus anggota DPRD juga penyusunan jadwal reses, sosialisasi perda serta agenda-agenda DPRD lainnya.

Dijelaskan Suroto, DPRD bekerja sesuai dengan apa yang sudah di tetapkan saat Banmus, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada perbuhanan jadwal kegiatan, para anggota DPRD akan melakukan hearing ulang, mengingat jika terjadi perubahan satu jadwal saja maka DPRD harus mengadakan hearling kembali.

Sementara itu, penyusunan dan penyesuaian jadwal kegiatan menjadi fokus pembahasan dalam sesi diskusi dalam Banmus kali ini, hari kerja DPRD sebagaiman tertuang dalam tata tertib (Tatib) DPRD. Selain itu, komunikasi dengan pihak eksekutif juga perlu dijalin dengan baik dan efektif agar jadwal yang sudah disusun oleh Banmus dapat disinkronkan dengan baik.

“Reses sudah berjalan kamis lalu, apa yang di hearing kan sudah cair sehingga reses bisa berjalan dan staff ahli sudah dibayar keseluruhannya,” tukasnya. (Fitri/EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *