Bapemperda Persiapkan Raperda Tentang Adat Budaya Wehea

MEDIATEROPONG.Com – Sangatta, Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuoaten Kutai Timur, Mastur Djalal yang ditemui di kantor sekretariat DPRD Kutai Timur, menuturkan kesiapan Bapemperda dalam menyusun Raperda mengenai adat budaya Wehea.

Menurutnya penyusunan raperda ini adalah karena adat budaya Wehea sudah dikenal sampai mancanegara, terlebih penyusunan raperda ini dimaksudkan agar investasi luar negeri bisa masuk nantinya, dan kepala daerah punya legal standing untuk membuat Peraturan Bupati (PerBup) terkait hal tersebut.

“Tujuan pembuatan raperda ini adalah untuk menarik investor mancanegara untuk berinvestasi di kutai timur,terutama sektor wisata adat wehea,kalau cuman mengharap APBD akan memakan waktu yang lama,” kata Mastur Djalal

Dijelaskan Mastur Djalal, fungsi dan peran aktif Dinas Pariwisata dan juga Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dalam hal ini sangat penting, karena kedua badan bentukan pemerintah daerah inilah ujung tombak penggerak sektor pariwisata di Kutai Timur.

“Peran Bapemperda terkait peraturan daerah, dalam hal ini kerja sama dan keaktifan dinas pariwisata dan BPPD sangat diperlukan untuk mengherakkan sektor pariwisata kutai timur,” terangnya. (Ekky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *