DPRD Kutai Timur Sidak Makanan Kadaluarsa di Pasar Induk Sangatta

Teropongmedia.com -Tim gabungan yang dikepalai Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim, Herlang Mappatitti bekerjasama dengan lembaga perlindungan konsumen, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Polres Kutim, Satpol PP serta pihak Kecamatan Sangatta Utara melakukan Sidak di pasar induk. (3/4)

“Kami sidak seluruh lapak pedagang, dari penjual ikan hingga produk-produk kemasan,” paparnya.

Menurut Herlang, sidak yang rencananya berlangsung selama 2 hari ini,  dilakukan sebagai tanggapan atas banyaknya laporan mengenai barang-barang kadaluwarsa yang masih beredar di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern di  Sangatta.

Dijelaskan Herlang, dalam sidak ditemukan produk tepung kemasan pencampur pentol yang sudah kadaluwarsa sejak dua tahun lalu, tapi masih tersusun di lapak jualan. Namun dikatakan Herlang mereka tidak menyita, karena tidak memiliki wewenang. Sejatinya hanya  memberitahu pemilik lapak untuk tidak menjual sekaligus mengingatkan, untuk terus melakukan pengecekan pada produk yang dijual.

“Kami tidak berhak menyita barang temuan, bukan wewenang kami, namun pemilik lapak kami himbau untuk tidak menjualnya”.ucapnya

Dijelaskannya, pemeriksaan dalam sidak ini juga dilakukan pada ikan, ayam, dan daging. Namun, pada sidak tersebut tidak ditemukan ikan, ayam, maupun daging yang sudah tidak layak jual, keseluruhan masih dalam keadaan segar dan masih layak komsumsi

“Untuk ikan, ayam dan daging juga kami periksa dan keseluruhan dalam keadaan layak konsumsi”. Tutupnya. (EQ/EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *