Harlang Mapatiti Cemas Generasi Muda Kutai Timur

Teropongmedia.com –Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Harlang Mapatiti sangat prihatin dengan kondisi gedung bekas Kampus Stais yang terletak di jalan APT Pranoto Sangatta utara.

Dikatakan Harlang, Ia sangat terkejut saat melihat video siarang langsung yang dilakukan Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kutai Timur Rustam Efendi Lubis. Pasalnya, saat siaran langsung tersebut yang diunggah di Akun Media Sosial Facebook, terlihat berserakannya bungkus Obat Batuk merek Komix yang disalah gunakan oleh para remaja.

“Perlunya kerjasama dari semua pihak untuk menanggulangi penggunaan komix yang disalah gunakan oleh para anak muda ini,” (07/04/2018) siang.

Dijelaskan Harlang, kegiatan (Ngomix .Red) yang dilakukan oleh para remaja ini adalah salah satu bentuk kenakalan remaja yang tidak bisa didiamkan begitu saja, perlu kerjasama dari semua pihak terutama peran aktif orang tua dalam menjaga dan mengawasi perilaku dan pergaulan anak diluar rumah.

“Mereka itu adalah generasi penerus bangsa, kenakalan semacam ini tidak bisa didiamkan begitu saja,” terangnya.

Selain itu, tidak adanya payung hukum yang mengatur mengenai peredaran obat batuk terutama jenis komix yang sering digunakan oleh para remaja, menjadi kendala dari pihak berwenang untuk menindak secara tegas kenakalan remaja seperti ini.

“Sudah pernah saya usulkan untuk pembuatan baik berupa surat keputusan bupati ataupun perda yang mengatur mengenai peredaran dan juga sanksi penyalah gunaan obat seperti ini,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kapolsek Sangatta Utara IPTU Slamet Riyadi mengatakan, sesuai informasi yang didapat dari masyarakat terkait rutinitas kegiatan ngomix para remaja pada hari hari tertentu tersebut, Ia akan mengerahkan anggota dari Polsek Sangatta Utara untuk berpatroli dan mengawasi tempat tempat yang sering digunakan untuk ngomix.

“Anggota akan melakukan sosialisasi ke masyarakat, mengenai perlunya peran penting orang tua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya, serta berpatroli di daerah daerah tersebut untuk menanggulangi kegiatan negatif para remaja ini, dan ini salah satu preventif yang kami laksanakan,” tegasnya. (EQ/EL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *