Reses David Rante, Warga Tanyakan Kapan Kutim Bebas Defisit

Teropongmedia.com –Dalam Massa Reses yang dilakukan anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), David Rante di Desa Singa Gembara, Kecamatan Sangatta Utara beberapa waktu lalu menyita perhatiannya.

Dorce (58) yang diketahui Warga Gang Nuri Singa Gembara Kutai Timur ini bukannya menanyakan perihal infrastruktur seperti jalan, drainase juga pengadaan alat untuk puskesmas,ibu ini malah menanyakan kapankah Kutai Timur bebas defisit, pertanyaan ini terlontar lantaran Ia sebagai suplier kontraktor daerah, dimana kala Kutim dilanda devisit jelas dirasakan olehnya.

“Saya tidak menanyakan soal anggaran, saya cuma mau menanyakan kapankah kiranya Kutai Timur ini bebas defisit, itu saja,” ucapnya.

Mendapati pertanyaan seperti itu, David Rante langsung menjelaskan bahwa keadaan perekonomian Kutai Timur masih belum stabil, hal ini dikarenakan masih adanya hutang anggaran pemerintah yang mengakibatkan dipangkasnya beberapa pos pendapatan daerah oleh pemerintah pusat. Salah satunya adalah dana bagi hasil dari berbagai sektor seperti Industri migas dan pertambangan yang merupakan salah satu pos pendapatan pemerintah daerah yang dapat memberikan retribusi terbesar untuk menggerakkan perekonomian daerah.

“Kami bersama pemerintah daerah masih berusaha mengatasi defisit yang terjadi di kutai timur, antisipasi yang kami lakukan yakni meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), agar kita tidak lagi ketergantungan terhadap dana bagi hasil dan dampak dari pengurangan anggaran ini cepat terselesaikan.”jelas david. (EQ/EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *