Sekwan DPRD Kutim Laksanakan Sosialisasi Administrasi Perpajakan

Teropongmedia.com –Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur laksanakan Sosialisasi dalam hal Tertib Administrasi Perpajakan.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang Panel Sekretaris DPRD langsung menghadirkan pihak kantor pajak Pratama Bontang sebagai Pemateri serta diikuti oleh 80 orang peserta. Rabu (11/04) siang.

Sekwan DPRD Kutim, Suroto mengatakan, sosialisasi ini sudah direncanakan sejak penyusunan DPA tahun 2018. Diceritakan Suroto, Ia meminta kepada Kepala Bagian Keuangan untuk membentuk PPTK khusus untuk mengadakan Sosialisasi dan Pendalaman tentang Perpajakan, Akuntansi, Laporan Pertanggungjawaban dan sebagainya.

“Pada hari ini kita akan mempelajari tentang pajak, mulai dari pemungutan pajak, tata kelola pajak serta laporan pajak. Sehingga semua wajib pajak di Sekretariat DPRD lebih mengenal tentang wajib pajak,” jelas Suroto.

Sementara itu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi KPP Pratama Bontang, Eko Budi Raharjo menjelaskan bahwa pajak bagi bendaharawan dan PNS itu termasuk unik karena memiliki dasar peraturan yang berbeda, yang perlu diperhatikan mengenai pajak Bendaharawan adalah pelaporan dan penyetorannya, tentunya berbeda dengan wajib pajak pribadi atau perorangan dan pajak badan seperti PT, CV dan sebagainya. Ia juga mengharapkan partisipasi dari seluruh peserta demi kelancaran kegiatan sosialisasi ini.

Sebelum membuka sosialisasi, Sekwan berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. ” Ikutilah sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa melaksanakan kegiatan perpajakan di Kantor ini dengan tertib, sehingga nantinya tidak ada lagi pajak yang tertunda”. Tutup beliau. (Ismail/EL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *