Serap Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Kutai Timur Dapil 4 Laksanakan Kegiatan Reses di Kecamatan Telen.

Teropongmedia.com -Dalam rangka menghimpun dan menyerap aspirasi dari konstituennya, anggota DPRD Dapil 4 melaksanakan reses secara berkelompok. Kegiatan yang dilaksanakan dikantor kecamatan Telen ini dihadiri oleh Sekcam Telen, seluruh kepala desa, BPD, LPM, Karang Taruna, RT dan semua pemangku adat di kecamatan Telen serta dihadiri oleh beberapa unsur masyarakat dari kecamatan Wahau. (10/04/2018).

Membuka Kegiatan Reses I ini, H. Mastur Djalal, SH menjelaskan bahwa DPR mempunyai 3 fungsi; Fungsi Legislasi yakni membuat Peraturan Daerah bersama dengan Kepala Daerah, Fungsi Anggaran yakni Merancang RAPBD untuk disahkan menjadi APBD bersama Pemerintah, dan Fungsi Pengawasan Yakni Mengawasi Pemerintah Sebagai Penyelenggara Pemerintahan. Selanjutnya beliau menjelaskan tentang kerangka dan tujuan reses itu.

“DPRD sebagai perpanjangan tangan masyarakat mempunyai kewajiban dan Tugas pokok yaitu menampung dan menyerap aspirasi dari masyarakat di dapilnya masing-masing, bentuknya berupa Kunjungan kerja dan Reses. Karena ini reses I, tujuannya sebagai bentuk sinkronisasi APBD 2018-2019 yang masuk di KUA PPAS 2019. apakah hasil musrenbang kemarin adalah isi batang tubuh APBD tahun 2019”. Jelas beliau.

“Jika pemerintah melakukan Musrenbang sebagai perencanaan APBD 2019, maka kami melakukan reses untuk menyerap aspirasi untuk disampaikan yang nantinya menjadi pokok-pokok pikiran yang melekat kepada DPR sesuai perintah Undang-undang. Hasil kunjungan kerja dan reses inilah yang nantinya akan kami masukkan didalam nota kesepakatan dan program kerja DPR yang akan kami serahkan kepada kepala daerah melalui Bappeda . Itulah tugas kami yang masyarakat amanatkan selama 5 tahun, yaitu sebagai penyeimbang, penyusun perencanaan dan program APBD berdasarkan Visi dan Misi Kab. Kutai Timur.” Lanjut beliau.

Selanjutnya masyarakat menyampaikan keluhan serta aspirasi yang kemudian menjadi catatan anggota DPRD sebagai masukan untuk dijadikan Pokok-pokok pikiran kedepannya.

“Apa yang kami catat hari ini akan kami sampaikan kepemerintah sebagai masukan untuk pokok-pokok pikiran dan program kami kedepannya”. Sebelum menutup arahannya, beliau berpesan agar seluruh lapisan masyatakat dikecamatan Telen bersatu untuk membangun daerahnya. ” Apa yang tidak bisa kita bangun jika kita bersatu. Masyarakat harus pintar-pintar untuk memanfaatkan Otonomi Daerahnya, jangan terus membebankan pembangunan ke APBD. Manfaatkanlah potensi yang ada didesa itu baik itu berupa CSR ataupun potensi Sumber Daya Alam Lainnya.” Tutup beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *