Banjir Sangatta Selatan Mulai Surut

Teropongmedia.com – Sangatta, Banjir yang menimpa warga RT 06 Masabang Ulu, Dusun Gunung Tekhnik, Sangatta Selatan yang terjadi sejak (27/04) kemarin mulai mengalami penurunan debit air.

Dari pantauan media ini, warga mulai melakukan pembersihan sampah yang menggenangi rumah mereka. Dipimpin langsung oleh RT 06, Sukir, warga mulai mengumpulkan aneka jenis sampah terutama potongan Kayu, papan dan sampah plastik dari aliran banjir yang terus meninggi dan menggenangi rumah warga.

“Sengaja kami bersihkan sampah-sampah disini agar tidak menyumbat aliran sungai. Sehingga aor yang menggenang di rumah warga dapat segera surut,” kata Sukir, sembari memungut papan papan yang terbawa arus disekitar rumah warga.

Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur yang dihubungi melalui telepon menuturkan perlunya peran serta semua pihak dan dinas terkait agar segera membantu masyarakat masabang dan sekitarnya.

“Perlu rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama, untuk setidaknya meringankan beban saudara kita di masabang dan kerja sama pihak pihak terkait dalam menangani banjir yang sudah sering terjadi di masabang ini.”jelasnya

Dari pantauan media ini, pada jum’at 27 hingga 28 April sekira 18.00 Wita, debit air masih terus meningkat dan diperkirakan sudah mencapai ketinggian 1,5 sampai 2 m di beberapa titik banjir.

Sementara itu, beberapa anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kutai Timur, Basarnas , PMI, serta anggota Sabhara Polres Kutai Timur sudah mulai terlihat bersiaga untuk melakukan evakuasi bila diperlukan dan membangun posko di beberapa tempat. (Ekky).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *