Antisipasi Karhutla, Kodim 0909 Sangatta Posko Satu

Teropongmedia.com –Komandan Distrik Militer (Kodim) 0909 Sangatta laksanakan latihan Gladi Posko Satu Waspada LVII, waspada kebakan hutan dan lahan (Karhutla).

ASN Kolonel Inf. Eben Ezer Lumban Tobing yang mewakili Danrem 091 AJi Surya Natakesuma mengatakan, dalam pelatihan Gladi Posko I terkait antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan menyiagakan lebih dari 100 personil TNI yang di pusatkan di Makodim Sangatta. Berlangsung di Aula Kodim, Senin, 23 April, kegiatan tersebut di buka oleh Kasiops Korem 091.

“Latihan posko merupakan salah satu tujuan agar dapat menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur kerja antara komandan dan staff, demikian juga koordinasi dengan instansi terkait,” katanya.

Dijelaskan Eben Ezer, melalui kegiatan ini diharapkan bila terjadi bencana yang sesungguhnya tidak lagi ada kecanggungan dalam penanganan. Termasuk dalam pola koordinasi maupun pembagian tugas.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar, dalam kesempatannya Ia mengingatkan kepada seluruh camat dan seluruh perangkat desa bersama dengan masyarakat, agar lebih berhati-hati jika menyalakan api, jangan sampai membersihkan lahan dengan cara membakar, mengingat sedikit saja ada titik-titik api akan dengan cepat terdeteksi oleh satelit pemantauan.

“Jangan aembarangan membakar lahan, karena membakar lahan yang termasuk dalam tindakan pidana jika tidak memiliki izin,” terang Ismu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *