Delapan Pegawai Negeri Sipil Kutai Timur Terlibat Kasus Tipikor Diberhentikan Tidak Hormat

Teropongmedia.com – Sangatta, Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur, Kasmidi Bulang menegaskan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak melakukan tindak pidana Korupsi, hal ini Ia sampaikan saat Cofee Morning yang dilaksanakan di kantor Bupati, ruang meranti. Senin (02/04/2018) kemarin.

Wakil Bupati pun menegaskan ada aturan yang sangat tegas yang mengatakan jika sampai terbukti tindak pidana yang dilakukan ASN akan langsung di berhentikan secara tidak hormat. “Walaupun hanya satu hari, jika ingin pembelaan silahkan, tapi aturan ini sudah tegas” ucap Wabub

Kedelapan PNS tersebut adalah narapidana kasus korupsi Bantuan Sosial (Bansos) yang sudah menjalani hukuman yang ditetapkan melalui keputusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor di Samarinda.

Terpisah, ditemui usai Coffee Morning, Kepala Badan (Kabag) kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Zainuddin Aspan menjelaskan, bagi PNS yang terlibat kasus korupsi dan telah diputuskan di pengadilan tipikor dan bersifat mutlak akan diberhentikan tidak terhormat.

Zainuddin Aspan menambahkan, untuk delapan PNS yang terlibat kasus Tipikor tersebut sudah ditetapkan dan akan dipecat pada tahun ini, hal ini Ia pastikan setelah rapat dengan Badan Kepegewaian Negara (BKN) kemarin. Kedelapan nama tersebut sudah dilaporkan dan masuk dalam SKPD terkait, Taspen dan Keuangan, sementara dikantor pusat tinggal menunggu surat dari Bupati Kutim.

Sekadar diketahui, sesuai aturan UU ASN nomor 5 tahun 2014 pasal 87 ayat 4d, PNS yang melakukan tindak pidana, akan diberhentikan secara tidak hormat, dan akan dihukum berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Selain itu juga PP 11 tahun 2017, tentang manajemen pegawai negeri sipil (PNS), pasal 286 dan 287. Dalam pasal tersebut, meski hukuman satu hari pun, tapi oleh pengadilan ada ketetapan keputusan dinyatakan bersalah dan memenuhi unsur pidana, harus diberhentikan. (Fitri/EL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *