Gunakan sistem 1 pintu ,Thiess sepakati kerja sama dengan Lembaga Adat Besar Kutai.

Teropongmedia.com -Ketua Adat Besar Kutai, Sayyid Abdal Nanang Al Hasani didampingi oleh Sekretaris adat Rustam Efendy Lubis,melakukan Silaturrahmi dengan pihak PT.Thiess, yang diwakili  oleh Project Manager PT. THIESS Priyo Utomo dan beberapa staf.yang bertempat di RM. Padang raya , Jln Yos Sudarso IV,Sangatta,Kutai Timur. dalam rangka membicarakan kerjasama penggunaan tenaga kerja asli daerah.(12/04)

Dalam sambutan singkatnya Ketua adat Kutai melalui Sekretaris adat Rustam Efendy Lubis, menyampaikan perlunya peranan perusahaan baik pertambangan ataupun perkebunan untuk lebih memberdayakan lagi potensi masyarakat daerah sebagai pekerja di perusahaan tersebut. Yang selama ini terlihat belum sepenuhnya tersentuh oleh perusahaan perusahaan yang ada di Kutai Timur. Dia juga menuturkan bahwa jika memang dari sumber daya manusia(SDM) kutai timur belum bisa memenuhi untuk menjadi staf atau pegawai ahli, Setidaknya sebagai buruh pun perusahaan wajib mengutamakan perekrutan tenaga lokal dari Kutai Timur.

“Perusahaan perusahaan yang ada di sangatta kurang memperhatikan dan menyerap tenaga kerja lokal dengan alasan kurangnya skill tenaga kerja lokal, kalau memang itu yang terjadi perusahaan perusahaan ini harusnya menggelar training dan mendidik tenaga kerja lokal supaya skillnya setara dengan yang diinginkan perusahaan , atau setidaknya biarlah tenaga kerja lokal menjadi buruh ataupun tukang bersih bersih di perusahaan jika memang perusahaan tidak mau menggelar pelatihan buat mereka, dengan begitu tidak ada lagi namanya tenaga kerja yg tidak terserap atau pengangguran. “jelasnya

Menanggapi sambutan dari Ketua adat besar kutai, Project Manager PT. THIESS Priyo Utomo mengatakan bahwa  PT . THIESS selama ini sudah memberdayakan tenaga kerja lokal sangatta, dan sebagai bentuk apresiasi dari PT.THIESS akan usaha keras dari lembaga adat besar kutai memperjuangkan hak hak tenaga kerja lokal, dia menuturkan akan membuat satu sistem penjaringan calon karyawan PT THIESS melalui badan usaha penyuplai tenaga kerja milik Lembaga adat besar. Dimana menurutnya lembaga adat berhak mengumpulkan semua calon calon yang diusulkan oleh semua komunitas, etnis ataupun suku dan mengusulkan semua calon untuk dievaluasi dengan sistem THIESS mengenai tenaga kerja. Dan yang dinilai layak,akan menjadi karyawan.

“Lembaga adat besar sebagai wadah semua komunitas, suku dan etnis  akan memberikan masukan usulan pekerja kepada PT .THIESS, secara 1 pintu, jadi semua nya diakomodir oleh adat besar melalui badan usaha penyuplai tenaga kerja yg bekerja sama dengan kami untuk kemudian diseleksi, sesuai dengan persyaratan perusahaan mengenai tenaga kerja.”ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *