Bisnis Waralaba Menciutkan Para Pedagang Kecil.

Teropongmedia.com,Sangatta- Berdasarkan data penerbitan surat tanda pendaftaran waralaba (STPW) tahun 2012 – 2017 di Kementerian Perdagangan, tercatat 94 waralaba asing yang telah terdaftar di Indonesia.

Bisnis Waralaba di Kutai Timur sudah mulai tumbuh banyak, hal ini berimbas pada pedagang kecil dan kelontongan, pasalnya warga lebih banyak memilih berbelanja ke supermarket.(17/5)

Bahkan sejumlah jaringan waralaba terus mengembangkan sayap bisnisnya dengan ciri khas yang berbeda, seperti produk obat-obatan, kuliner, laundry, bahkan sampai lembaga pendidikan. Selama ini, persaingan sektor usaha ini tidak kondusif karena cenderung dimonopoli oleh usaha-usaha besar.

 

PPSS ( Persatuan Pedagang Sembako Sangatta ) Menyampaikan keluhan atas dampak menjamurnya waralaba
Yang Turus berdiri membuat resah pedagang kecil dikarenakan dampak yang sangat luar biasa sehingga bisa mematikan pedagang kecil Alias Gulung tikar dan kehilangan mata pencarian.

Bupati Kutai Timur H.Ismunandar Sempat terkejut mendengarkan adanya salah satu toko waralaba dari awal yang di ketahui hanya ada 6 kenapa bisa meningkat menjadi Empat belas,” Kalau begini kami Menduga adanya oknum Perijinan yang mengeluarkan ijin toko moderen mengunakan jalur pintu dapur alias nakal”. Bupati kutai timur H.Ismunandar berjanji akan segera melakukan pengecekan dan pembenahan pada sistem perijinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *