Peduli CSR Samsung bersama PMI Kutim Akomodir Sanitasi.

 

teropongmedia.com.Sangatta – Patut diapresiasi kepedulian perusahaan ponsel terbesar pabrikan Jepang “Samsung Elektronik” dalam penyaluran program Coorporate Social Responsibilities (CSR) di Kutai Timur.

Samsung Kaltim turut mengakomodir pembangunan Sanitasi di Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur.

“Tentunya kami selaku Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur sangat berterima kasih sekali kepada pihak manajemen Samsung yang telah lama berkomitmen, dalam menjalankan kesepahaman untuk menfasilitasi CSR melalui pembangunan Sanitasi di Kaubun,” terang Bupati Ismunandar di pendopo bersama perwakilan Samsung Kaltim Edita Pramono.

Seperti kutipan dari beberapa media di awal Bulan Januari 2018 Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Palang Merah Indonesia, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), yang didukung oleh PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN), dan Palang Merah Korea.

Menurut Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PMI) Kutim Wilhelmus Wio Doi, program ini merupakan upaya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih. Di Kutim, kegiatan itu dilaksanakan di Kecamatan Kaubun, tepatnya di Desa Kadungan Jaya dan Pengadan Baru.

“Kami membangun fisik bangunan, semisal WC umum, penampungan air, tempat mencuci tangan, hingga bak sampah. Selain fasilitas umum seperti Puskesmas, sekolah-sekolah juga menjadi lokasi kegiatan,” katanya. Disebutkan bahwa seluruh fisik bangunan dikerjakan oleh 15 staf dan relawan PMI yang sudah dilatih dam mereka  didukung juga oleh relawan desa yang beranggota 10 orang. Tercatat, sebanyak 1.274 jiwa telah menikmati fasilitas itu.

“Begitu juga di sekolah, kami membangun WC umum, tempat cuci tangan, serta bak sampah, kami juga menekankan agar para pelajar berperilaku sehat dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun,” tegasnya. Para relawan juga mempromosikan kegiatan kebersihan yang dilakukan 22 kali dari rumah ke rumah dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 729 jiwa. “Selain itu, promosi kebersihan kami lakukan di beberapa sekolah, seperti SD 005 dan 006, SMP 2 serta SMA 1 Kaubun. Di sana kami lakukan 10 kali pertemuan dengan penerima manfaat mencapai 475 jiwa,” lanjutnya, Kegiatan itu mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan peduli kesehatan.

“Harapan kami, semua fasilitas yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan secara maksimal serta dipelihara dengan baik. Kami berterima kasih kepada PMI Kaltim, pusat, dan federasi, serta Palang Merah Korea yang mempercayakan program ini di Kutim. Kami juga berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan di kecamatan lain sehingga bisa menjangkau lebih luas,” ungkap Wilhelmus Wio Doi Kepala Bidang Penanggulangan Bencana (PMI) Kutim penuh harap  (aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *