Pelaksanaan Lokakarya Mini Guna Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Teropongmedia.com,Sangatta-Keberhasilan pembangunan kesehatan memerlukan keterpaduan, baik lintas program maupun lintas sektor. Dalam upaya meningkatkan pengelolaan program kegiatannya, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sangatta Utara melaksanakan Lokakarya Mini, yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara, Kamis (24/5).

Oleh karenanya Puskesmas harus melakukan kerjasama dengan lintas sektor agar diperoleh dukungan dalam pelaksanaan berbagai kegiatannya. Salah satu bentuk upaya untuk penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan adalah melalui Lokakarya Mini.

Lokakarya Mini UPT Puskesmas Sangatta Utara dihadiri Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni ,Kepala UPT Puskesmas Sangatta Utara Priskila Rabok, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutim Siti Fatimah, Perwakilan Kapolsek, Danramil, Kepala desa, Ketua RT se Kecamatan Sangatta Utara, perwakilan perusahaan, kader posyandu, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kutim Siti Fatimah mengapresiasi kepada Puskesmas yang sudah melaksanakan mini lokakarya sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 44 Tahun 2016.

“Sistem informasi Puskemas menjadi salah satu elemen penting dalam pedoman manajemen puskesmas. Lokakarya ini bisa dilakukan per Tiga bulan sekali, Pada peraturan yang tertulis bahwa Kepala Puskesmas akan membentuk Tim Sistem Informasi Puskesmas, yang nantinya akan mempelajari beberapa hal terlebih dahulu, untuk merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan Puskesmas,”tandasnya.

Di tempat yang sama, Camat Sangatta Utara Muhammad Basuni mengatakan bahwa pelaksanaan ini merupakan lanjutan dari pertemuan yang pertama yakni pencapaian dan kendala dari UPT Puskesmas Sangatta utara tentang permasalahan kesehatan di Sangatta Utara.

“Dan fokus kita hari ini adalah peresntasi Jampersal (Jaminan Persalinan) dan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga ,” jelas Basuni.

“Mengapa kita mengumpulkan para ketua RT dan kader se Desa Sangatta Utara, karena memang kegiatan ini merupakan kegiatan pendataan kepada seluruh warga dan seluruh kepala keluarga , dan sebagai dukungan dari ketua RT untuk melakukan pendataan warganya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *