Peringati Hari Lahir Pancasila. Pemerintah Kutim Upacara Mengenakan Baju Adat.

teropongmedia.com,Sangatta- Bupati Ismunandar pimpin upacara memperingati hari lahir Pancasila ke Tujuh puluh tiga (73) tahun. Bertempat di Gedung serba guna ruang Akasia kawasan perkantoran Bukit pelangi. Jum’at (01/06) pagi.

Para tamu undangan yang hadir mengenakan baju khas dari daerah-daerah Indonesia. Tampak sejumlah pejabat yang hadir diantaranya Ketua DPRD Mahyunadi, Wakil Bupati Kasmidi Bulang beserta istri Tirah Satriani, Sekertaris Dewan Suroto, Wakil ll Yulianus Palangiran, Kapolres Kutai Timur AKBP Teddy Ristiawan, Sekertaris Daerah Irawansyah, TK2D, SKPD, TNI, Polri,Satpol PP, Dishub dan Organisasi Masyarakat.

Ismunandar mengenakan baju adat khas Kutai , lengkap dengan sarung dan peci/kopiah. Sementara tampilan Ketua DPRD Mahynadi yang mencuri perhatian yakni Mengenakan baju adat khas Suku Dayak Kalimantan.

Sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh inspektur upacara Ismunandar. ” Selama 73 tahun pancasila sudah menjadi rumah kita, insya allah pancasila akan terus mengalir didarah warga Indonesia. pancasila sebagai pemersatu perbedaan, menjadi pondasi Indonesia yang berdaulat adil dan makmur, kita harus mengukuhkan semangat kita bersatu setanah air”ucapnya

Pemikiran tentang Pancasila pertama kali dicetuskan oleh Ir Soekarno kala berpidato di sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau ‘Dokuritsu Junbi Cosakai’ pada 1 Juni 1945. “Bapak Proklamasi” inilah yang memperkenalkan konsep atau rumusan awal dasar negara indonesia merdeka bernama Pancasila.

Lebih Lanjut ” Ini mengenang kembali mengingat kembali, kalau zaman dulu Pnacasila wajib kita pelajari Siapa itu Bapak Proklamasi, ada dulu namanya P4. Agar kita mampu membentengi diri dari Radikalisme”,tutup Ismunandar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *