Pantai Sekerat Menjadi Destinasi Pilihan Bagi Warga Bengalon dan Sekitarnya.

teropongmedia.com,Sangatta- Pantai sekerat merupakan salah satu pantai unggulan yang ada di Kabupaten Kutai Timur yang memiliki panjang garis Pantai Kurang lebih Tiga (3) kilometer. Selain itu di pantai ini juga memiliki panorama yang indah yaitu gunung kapur. Pantai Sekerat berjarak tempuh sekitar 2 jam dari Sepaso.

Disetiap tahunnya pantai sekerat selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal. Pada hari libur lebaran Idhul Fitri jumlah wisatawan lokal bisa mencapai ribuan orang yang memadati pantai tersebut.

Seperti Lidya, warga Kecamatan Bengalon ini rutin berwisata ke Pantai Sekerat disetiap tahunnya.

“Kami sekeluarga selalu datang kepantai sekerat, selain karena dekat, pantai ini kan indah dan luas, hanya sayang saja kotor” jelasnya.

Banyak hal yang dapat dilakukan dipantai sekerat ini, seperti dijelaskan Lidya “Selain bermain air, kami biasa membuat istana pasir, berlarian main bola, memanjat kelapa, makan-makan bersama keluarga dan pastinya foto-foto”tandasnya

Selain pantai sekerat didaerah ini juga berdekatan dengan Desa Mampang yang memiliki wisata air terjun dan menjadi pilihan paragliding untuk berolahraga. Karena pantai sekerat memiliki gunung-gunung kapur yang tinggi.

Pantai sekarat yang sunyi pada hari biasa, bisa menjadi lautan manusia di hari libur lebaran dan tahun baru. Pantai yg kurang terkenal ini, ternyata memiliki harta karun tersembunyi. Kegiatan mencari kerang-kerangan yang terhampar di tepi pantai, akan menjadi sensasi tersendiri bagi anda yang hobi dengan biota laut.

Makin ke timur sepanjang pantai sekerat akan anda dapati sungai-sungai kecil yang bermuara ke laut, bahkan, ada diantara sungai-sungai itu, tidak terjadi percampuran antara air sungai dan air asin.
Makin ke barat Anda akan dapatkan pemandangan pengisian batu bara ke kapal pengangkut batu bara.

Untuk oleh-oleh, anda bisa membawa pulang kerajinan dari kerang-kerangan yang dibuat oleh warga sekerat, kerang-kerangan itu mereka olah menjadi bunga, hiasan dinding yang sangat cantik serta olahan air nira menjadi gula merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *