Simulasi KPPS Se-Kecamatan Sangatta Utara

teropongmedia.com Rabu(20/6). Menjelang pemungutan suara tanggal 27 Juni 2018 mendatang.Badan pengawas tingkat kecamatan sangata Utara kembali memberikan, Bimtek dan pelatihan teknis pengawas bagi PPL dan pengawas TPS(tempat pemungutan suara) Se-kecamatan sangata Utara.rabu 20/6.
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan timur.Ketua Panwas kecamatan sangata Utara Mustatho mengatakan”tujuan dari bimtek ini untuk membekali jajaran panwaslu tingkat TPS dengan pengetahuan kepemiluan yang meliputi pra pemungutan suara pada saat pemungutan suara dan pasca pemungutan suara.”

Mustatho menambahkan”pembekalan di berikan sebanyak tiga kali untuk pengawas TPS dan berharap dengan adanya Bimtek ini pengawas TPS bisa menjalankan tugas yang sudah diatur dalam undang-undang dasar No.10 tahun 2016.Tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur”.

Sebanyak 201 peserta PTPS (petugas tempat pemungutan suara) Se-kecamatan sangata Utara yang mengikuti Bimtek yang berlangsung di gedung mesfa mulia, jalan Yos Sudarso tiga(3),dan pembekalan terakhir akan di laksanakan tanggal 23 Juni mendatang.

Mustatho menjelaskan bahwa ada sekitar 435 peserta yang mendaftar menjadi PTPS (petugas tempat pemungutan suara),namun yang di butuhkan hanya 201, kendala yang di hadapi saat pengrekrutan adalah karena berbarengan dengan waktu pengrekrutan saksi Parpol, saksi Paslon dan Kpps, usia minimal 25 tahun, sementara itu untuk memasuki hari tenang tanggal 24 Juni 2018 panitia pengawas pemilu terus bekerja keras agar tidak terjadi pelanggaran dan kecurangan sebelum memasuki masa kampanye.
Ada beberapa pelanggaran yang di lakukan menurut Mustatho pelanggaran di antaranya memasang APK (alat peraga kampanye) tidak berizin di tempel di pohon, pos kamling, gardu PLN, kecenderungan netralitas ASN( aparatur sipil negara) berfoto ria dengan Paslon, integritas penyelenggaraan pemilu tingkat PPK, PPS &KPPS memberikan tanggapan Like dan kolom komentar di media sosial.
(Boim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *