KUTIM MAKIN TOP DISKOMINFO KUTIM MENUJU SMART REGENCY

teropong media.com-Sangata Senin (16/07-2018) bertempat kantor bupati Kutai timur.resmi di buka oleh Bupati Kutai timur.ismunandar

Dalam kegiatan BIMTEK smart regency ini yang di adakan oleh dinas Kominfo Bertujuan untuk Mempermudah dan meingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kutai timur.
Dalam melaksanakan Smart City atau Smart Regency, seluruh kecamatan dan sejumlah Kepala Desa (Kades) serta Lurah disertakan dalam sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) Smart City yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Persandian dan Statistik Kutim.

Ismunandar mengakui sosialisasi dan Bimtek Smart City atau Smart Regency penting untuk meningkatkan kualitas SDM, terutama Camat dan Kades atau Lurah. “Kades dan Lurah nantinya akan bertindak sebagai pengawal program smart regency di tingkat desa dan kelurahan.,” tutur Ismu.

Di era globalisasi dan keterbukaan informasi sangat penting untuk meningkatkan pelayanan maka sudah sewajarnya sebuah informasi dapat disampaikan secara cepat. Namun sebagaiman motto atau slogan smart regency Kutim yakni dalam memberikan layanan “Informasi Seputar Masyarakat Umum dan Kabar Bertanggung jawab” maka setiap informasi atau berita yang dibagikan kepada masyarakat juga harus bisa dipertanggung jawabkan kebenaran dan keabsahannya.Ditegaskan oleh Ismu. Pembangunan Smart City atau Smart Regency di Kutim tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Meski fasilitas dan peralatan sudah tersedia, pembangunan smart regency dilakukan secara bertahap. “Kecamatan Sangatta Utara menjadi awal sekaligus pilot projek pembangunan smart regency di Kutim dan dilanjutkan ke kecamatan lainnya, hingga tidak ada lagi area blank spot di desa dan kecamatan,” ujarnya.

Pemerintah berharap dengan adanya kemajuan teknologi smart city yang digalakan Kementrian Kominfo tidak hanya sekedar memberikan informasi kepada masyarakat, namun ada informasi dua arah dari masyarakat kepada pemerintah terutama informasi yang harus cepat mendapatkan respon dari Pemkab Kutim, maupun saran dan masukan untuk perbaikan kinerja pemerintah dan pembangunan Kutim kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *