Ratusan Ribu Rokok Ilegal Kutim di Musnahkan Oleh Bea Cukai TMP C Sangatta.

teropongmedia.com,Sangatta- Dalam kurun waktu satu tahun (2017) Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya pabean (TMP) C Sangatta telah melakukan penindakan terhadap enam belas (16) pelanggaran hukum perundang-undangan dibidang bea cukai.

sebanyak 442.940 batang rokok hasil tembakau ilegal dengan total Rp. 230.668.550,- yang diperoleh dari hasil kegiatan penindakan di tujuh (7) wilayah kecamatan Kabupaten Kutai Timur berhasil di amankan dan dimusnahkan, Kamis (26/7) Jalan pendidikan di Kantor Bea dan Cukai TMP C Sangatta.

Menurut Kepala KPPBC Sangatta, Hari Murdiyanto, Ini hasil penindakan dari tujuh kecamatan yang ada di Kutai Timur dengan pelanggaran yang berbeda-beda.

“Pelanggaran yang terjadi ialah, ada yg memakai pita cukai palsu ,pita cukai bekas dan ada yg tidak memakai pita cukai yang sesuai peruntukannya. Hal ini kalau kita tidak berantas seperti ini pasti akan mengurangi pendapatan hasil negara”,tegasnya.

Lebih lanjut ” Tujuh (7) Kecamatan yang sudah di lakukan penindakan diantaranya. Bengalon, Kongbeng, Muara wahau, Rantau pulung, Sangatta utara, Sangatta selatan dan Teluk pandan. Berikutnya kami dengan tim akan melakukan penindakan ke Kecamatan lainnya”,jelasnya.

Hasil tembakau yang dilakukan penindakan melanggar ketentuan Undang-undang Nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan undang-undang Nomor 39 tahun 2007.

Barang milik negara dan berdasarkan surat persetujuan dari Kepala Kanwil Ditektorat Jenderal Kekayaan Negara a.n Menteri Keuangan Nomor S-04/MK.6/WKN.13/2018 tanggal 07 Ferbuari 2018 disetujui bahwa penyelesaian terhadap Barang Milik Negara hasil penindakan Hasil Tembakau tersebut diselesaikan dengan cara dimusnahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *