Cegah Kebakaran, Pemerintah Himbau Kecamatan Segera Bentuk Tim.

teropongmedia.com,Sangatta- Memasuki musim kemarau Pemerintah Derah (Pemda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan rapat koordinasi bersama sejumlah camat dan OPD dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan, Kamis (26/7).

Mengingat masih minimnya Kecamatan yang membentuk tim pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kutim. Mengacu pada instruksi presiden dalam menyikapi kejadian kebakaran hutan dan lahan, Pemkab Kutim meminta seluruh camat untuk membentuk tim siaga bencana di wilayah masing-masing.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, Safruddin (Sape’) mengatakan belajar dari tahun sebelumnya yang membuat Kutim dicap sebagai daerah yang rawan kebakaran, baik dipemukiman maupun hutan dan lahan, pihaknya akan lebih meningkatkan kewaspadaan dan fokus untuk mencegah terjadinya perluasan area kebakaran.

“Tahun sebelumnya kebakaran terbesar di Muara Ancalong dan Muara Bengkal. Kecamatan ini harus lebih diperhatikan khusus. Tetapi, daerah lain yang masuk wilayah Kutim juga tetap dipantau,” terangnya.

Lebih lanjut, Sape’ mengatakan tahun ini akan segera menyusun anggaran dari APBD untuk pengadaan sarana prasarana bagi seluruh Kecamatan. Dengan syarat seluruh Kecamatan harus membentuk tim satgas.

“Dananya sudah ada, nanti akan dikucurkan, agar setiap Kecamatan bisa siaga bencana.
Semoga dapat dilaksanakan bulan Agustus dan tidak melewati bulan September,” jelasnya.

Meski titik api di Kutim dinyatakan berkurang dari 2015 lalu, namun pihaknya mengaku akan tetap waspada dan tidak lengah. Pasalnya potensi api sewaktu-waktu bisa dengan mudah meluas kembali, terlebih jika cuaca panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *