PPSS Minta Pihak Pemerintah Tutup Toko Modern (Ritel) di Sangatta

teropongmedia.com,Sangatta- Persatuan Pedagang Sembako Sangatta (PPSS) meminta agar pihak Pemerintah meminta segera menutup toko modern seperti Indomaret, Alfamidi, Budi Jaya, Eramart, dan Bandi Raya yang ada di Sangatta Kutai Timur (Kutim).

Pasalnya pihak PPSS merasa sangat dirugikan, omset mereka menurun semenjak beredarnya toko-toko modern di Sangatta. Masyarakat lebih banyak memilih berbelanja ke toko modern daripada toko/warung biasa.

Hal ini dijelaskan Hasdiana (33) salah satu pembeli di toko modern, ia merasa bahwa toko modern barang dan pelayanannya lebih baik dan harga pun lebih murah.

“Saya lebih suka belanja ditoko modern, selain nyaman, bersih, dingin, murah juga pelayanan mereka ramah. Berbeda dengan warung biasa, barang banyak berdebu harga kadang lebih mahal dan juga pelayanan mereka kadang sambil pasang wajah merengut pakai koyoplast”,jelas ibu tiga anak ini.

Sebenarnya, toko-toko, warung dan kios-kios di Sangatta masih banyak yang tidak memiliki izin, hal ini dijelaskan oleh Kepala seksi Perdagangan dalam negeri Dinas perindustrian dan perdagangan Kutai Timur, Ahmad Dony Erviady.

“Sebenarnya toko, kios dan warung yang ada di Sangatta ini masih banyak yang belum memiliki izin, tapi pihak mereka berani meminta untuk menutup toko modern yang sudah jelas badan hukumnya. Dan hal itu tentu tidak mudah”,ungkapnya.

Lebih lanjut, “Dengan adanya toko modern sebenarnya dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) kita, setiap kota yang berkembang pasti memiliki toko modern, apalagi Kutim akan menjadi tuan rumah porprov, tentu para pendatang dan atlet akan banyak mencari dan berbelanja ketoko modern”,pungkasnya.

Dari hasil penelitian, pedagang toko tradisional di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, perlu memperhatikan faktor kualitas produk, diferensiasi produk, kenyamanan dan jarak, karena faktor-faktor tersebut secara persial berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan keuntungan/omset. Pedagang toko tradisional perlu melakukan peningkatan kualitas produk, diferensiasi produk, kenyamanan dan jarak agar dapat bersaing dengan toko tradisional lainnya dan terutama toko modern yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *