Puluhan Cafe Masih Belum Memiliki Izin di Kutim.

 

 

teropongmedia.com,Sangatta- Banyaknya cafe dan pub baru bermunculan di Kutai Timur (Kutim) ternyata masih banyak yang belum memiliki izin resmi, hal ini dijelaskan oleh Kepala seksi (Kasi) operasional dan penindakan Syamsul Alam.

“Cafe dan pub memang banyak, tapi banyak juga yang belum punya izin, Cafe yang elit saja masih belum punya izin apalagi cafe yang kelas menengah kebawah”,jelasnya(13/8).

Lebih lanjut, “Banyaknya cafe, pub dan karaoke yang beroperasi tanpa izin ini membuat pemerintah kota mengalami kerugian yang sangat besar. Sebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak usaha tidak terserap secara maksimal,” ungkap Syamsul.

Namun ada beberapa cafe dan pub yang sudah ditutup pihaknya, selain karena belum memiliki izin juga dekat dengan pemukiman warga.

“Planet 2001, galaxy, ricox, dan raja mas, sudah kami tutup, target berikutnya Pub Anda, selain belum punya izin juga terlalu mencolok dijalan poros Sangatta,tentu ini sangat menganggu terlebih jika anak dibawah umur yang melihatnya”,tandasnya.

Selain belum mengantongi surat izin, beberapa cafe dan pub pun berlokasi didekat pemukiman warga. Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Kepariwisataan, tempat karaoke (Tempat hiburan) diharuskan berjarak 1000 meter dari tempat pemukiman. Jika kurang dari jarak tersebut dan tidak memiliki izin maka harus ditutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *