Distanak Jemput Bola Pengecekan Antemortem Mulai dilakukan.

teropongmedia.com,Sangatta- Dinas Peternakan Kutai Timur (Distanak Kutim) lakukan peninjauan kesehatan hewan ternak keseluruh peternakan yang ada di Sangatta Kabupaten Kutim. Selasa (14/8).

Pengecekan kesehatan dibagi menjadi Tiga (3) tim A,B dan C. Dengan didampingi oleh pihak Polres pengecekan kesehatan hewan berjalan dengan lancar.

Kepala Dinas peternakan (Distanak) Mardi Suaibman yang tergabung di tim B meliputi wilayah Apt Pranoto menjadi wilayah terbanyak yang memiliki peternakan hewan qurban sapi dan kambing.

“Wilayah Apt Pranoto menjadi wilayah terbanyak yang memiliki peternakan menjelang hari raya qurban disetiap tahunnya”,ujar Mardi.

Lebih lanjut “Minggu ini menjadi minggu terakhir datangnya hewan qurban, karena tujuh (7) hari sebelum penyembelihan hewan sudah tidak boleh divaksin lagi”,tandasnya.

Pemeriksaan Antemortem dilakukan oleh Dokter Hewan Ririn Meiyani, Pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan kesehatan dan umur hewan. Hewan kurban harus benar-benar dalam keadaan sehat dan layak untuk disembelih, di antaranya harus cukup umur, sudah ganti gigi, tidak cacat dan dalam kondisi sehat.

“Pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang meliputi pemeriksaan antemortem dan postmortem, dalam upaya menjaga kesehatan dan keamanan daging bagi konsumsi masyarakat”,ungkap dokter hewan.

Pemeriksaan hewan kurban dibagi dalam dua tahap yakni pemeriksaan antemortem yaitu pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dilakukan pemotongan, dan posmortem yaitu pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan. Hewan yang sehat secara klinis, yakni tidak cacat, hidung normal, mata normal, jantung dan paru-paru juga normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *