Pemerintah Kutim Himbau ASN Harus Tetap Jaga Netralitas.

teropongmedia.com,Sangatta- Tahun politik sudah didepan mata, beberapa media sosial sudah menjadi ladang untuk mengkampanyekan diri atau paslonnya.
Mulai dari calon legislatif hingga calon Presiden RI berikutnya.

Aturan netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam menghadapi pemilihan kepada daerah tahun ini semakin ketat. Unggahan-unggahan konten yang menyangkut pilkada seperti foto, memberi komentar, bahkan menyukai unggahan berbau pilkada pun bakal menjadi sasaran sanksi untuk ASN.

Bupati Ismunandar dalam rapat coffee morning yang digelar Senin (13/8/2018), bertempat di Gedung Bupati Ruang Meranti. meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak berpolitik praktis dan ikut menyebarluaskan dukungan melalui media sosial. Apalagi sampai ikut menjelekkan salah satu pasangan calon.

“ASN harus bijak dalam menerima Informasi dan menyebarkannya lagi. Apalagi di media sosial. ASN harus netral. Tidak boleh menampakkan diri berat sebelah, jangan membagikan calon dukungannya, Jangan ikut macam-macam lah pokoknya,” kata Ismunandar.

Ismunandar juga berharap agar para ASN dapat lebih tenang dalam mengungkapkan siapa yang dipilih menjadi Kepala Negara atau politisi selanjutnya. Karena, ASN harus jadi contoh teladan bagi masyarakat Kutim.

“Semua punya pilihan. Termasuk kalangan ASN. Tapi tidak perlu ikut-ikutan menyebarkan informasi hoax yang belum tahu pasti kebenarannya, apalagi melalui media sosial. Karena itu sama saja menyebarkan informasi hoax bila ternyata tidak benar,” tandasnya.

Lebih lanjut “Kedepan ASN harus lebih hati-hati, ASN harus tetap sebagai pegawai profesional saja, ASN dilarang pendekatan ke parpol apalagi sampai membaginya di media sosial”,tutup Ismu.

Untuk diketahui. UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemiluhan Gubernur, Bupati, dan Walikota, UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) , dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah.
Kemudian ada pula PP nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS, PP nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *