Paskibraka Pemanjat Tiang Bendera gugur di Kutai Kartanegara

teropong.com-Tenggarong. Ketika viral saat ini seorang bocah pemanjat tiang bendera di NTT beberapa hari yang lalu saat upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI ke-73, ternyata di Kutai Kertanegara ada Pahlawan Paskibra bernama Rusdi di tahun 1996 yang gugur akibat memanjat tiang bendera, hingga saat ini selalu di peringati oleh para Paskibra setiap tahun dengan mengunjungi mahkam Rusdi untuk melakukan ziarah dan mendoakan.

Menurut data yg kami peroleh, Rusdi merupakan salah satu anggota Paskibraka angkatan 1996 .Kutai Kartanegara yang saat itu bertugas sebagai pengibar bendera pada tahun 1996. Namun Rusdi tidak sempat ikut mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara tanggal 17 agustus 1996 dikarenakan Rusdi meninggal dunia dalam latihan. saat itu Rusdi menjalani latihan seperti biasa, namun pada latihan sore saat itu tiba- tiba tali yang terikat di tiang bendera putus. Rusdi naik ke tiang bendera untuk memasang kembali tali tersebut, tidak disangka tiang bendera itu patah sehingga Rusdi jatuh dan menimpa lantai yang keras yang berakibat nyawanya tidak terselamatkan lagi.

Sejak kejadian itu, maka seluruh angkatan Paskibraka kukar setelah upacara peringatan hari kemerdekaan RI selalu melakukan ziarah kubur ke makam Rusdi setiap tahun sebagai wujud turut berduka cita dan penghormatan atas keberanian Rusdi sebagai Paskibra dalam menjalankan tanggung jawabnya. (Andi-tenggarong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *