Permudah Pelayanan Disdukcapil Lakukan Perekaman Ke Desa di Kecamatan Kaliorang.

teropongmedia.com,Sangatta- Dinas kependudukan catatan sipil Kutai Timur melakukan perekaman ktp elektronik ke desa di Kecamatan Kaliorang. Warga tidak lagi harus datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil Kabupaten Kutim Sangatta, mereka cukup melakukan perekaman data diri di kantor desa masing-masing. Guna mempermudah pelayanan masyarakat tersebut.

Bekerjasama dengan aparatur desa setempat, Disdukcapil Sangatta membuka layanan perekaman E-KTP untuk warga desa sekitar, perekaman di desa Kaliorang juga dilakukan, mulai dari pengisian data, perekaman sidik jari serta retina mata.
Diawali dengan pendataan warga yang belum memiliki E-KTP, verifikasi dan persiapan dokumen oleh perangkat desa.

Tercatat sebanyak 320 ( tiga ratus dua puluh ) orang memanfaatkan pelayanan Disdukcapil Sangatta di desa tersebut, guna mendapatkan serta memperbaharui KTP elektronik mereka dan pengurusan berkas lainnya.

Kepala Disdukcapil Januar HPLA menyatakan bahwa saat melakukan perekaman di desa Kaliorang mendapati beberapa kendala, namun hal itu tidak menjadi halangan pihaknya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

“Kendala nya dijaringan namanya didesa susah untuk online, jadi harus offline dihari pertama, waktu itu mencoba print KK perbaikan setelah itu tidak bisa lagi, karena jaringan harus 4G sedangkan disana hanya 3G saja”,ungkap Januar.

Selain karena kendala jaringan pihaknya juga mengalami kendala diinfrastruktur penerangan, pasalnya petugas capil harus bekerja hingga pukul 02:30 wita, namun penerangan masih sangat minim.

“Selain kendala jaringan, pihak kami juga kesulitan dalam penerangan, karena petugas bekerja hingga subuh, dan lampu hanya ada 1 (satu) jadi petugas menggunakan senter”,ujarnya.

Januar juga menyebutkan dengan kedatangannya petugas Disdukcapil warga desa Kaliorang pun berantusias datang ke kantor desa setempat untuk melakukan perekaman dan perbaikan berkas lainnya.

“Kalau dari masyarakatnya bagus saja, antusias warga juga ramai berbondong- bondong datang untuk perekaman ktp. Dan juga pengawalan dari muspika setempat seperti Polri dan TNI membantu jalannya tugas Disdukcapil”,tandasnya.

Sebanyak 5 (lima) orang petugas dari kabupaten dan 2 (dua) orang petugas dari kecamatan yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat desa Kaliorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *