Germas Kutim Adakan Penguatan Ciptakan Keluarga Sehat.

teropongmedia.com,Sangatta- Germas adalah suatu tindakan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Germas dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat.

Tujuan Germas, antara lain: 1) Memperbaiki kualitas hidup masyarakat; 2) Meningkatkan produktivitas penduduk; 3) Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Hal ini mengingat terjadi perubahan penyakit terkait dengan faktor perilaku. Sejak Tahun 2010, Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti stroke, kecelakaan, jantung, kanker, diabetes menjadi penyebab terbesar kematian dan kecacatan di Indonesia.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani, ia terus mengajak dan meningkatkan pola hidup sehat kepada masyarakat melalui Germas, khususnya daerah kecamatan di Kutai Timur.

“Pencanangan hidup sehat ini sudah hampir keseluruh kecamatan, hanya beberapa daerah yang belum, dan ada tiga hal penting untuk mengupayakan kesehatan, melaksanakan gerakan fisik, diet seimbang, serta rutin memeriksakan kesehatan”,ucap Bahrani.

Selain itu Bahrani juga menjelaskan tentang perilaku sehat yang menjadi semboyan tersendiri dari Germas yaitu “Sehat, bugar dan produktif”.

Lebih lanjut, “Bagaimana masyarakat Kutim menjadi masyarakat yang sehat, hidup sehat itu adalah tanggung jawab semua, pola hidup harus diatur, mari kita sukseskan kesehatan masyarakat kita di wilayah masing-masing terutama dikecamatan dengan prilaku cerdik”,tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *