Pemkab Kutim Siap Tampung Korban Gempa dan Tsunami Sulteng.

teropongmedia.com,Sangatta- Kutai Timur menjadi Kabupaten yang terdekat dengan pulau Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu Indonesia berduka akibat bencana alam yang cukup dahsyat. Dikota nan cantik itu Palu, Sili Dan Donggala harus mengalami kerusakan yang hebat, tidak sedikit korban jiwa yang harus kehilangan nyawa dan tempat tinggal mereka.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) siap menjadi tempat sementara bagi para korban bencana Sulteng. Kabupaten yang memiliki luas wilayah 35.747,50 km dengan delapan belas (18) Kecamatan.

Ditemui usai konfrensi pers Bapenda, Bupati Kutim Ismunandar yang didampingi Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang menyatakan bahwa, Kutai Timur siap menjadi wadah sementara bagi para korban bencana.

“Nantinya akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu dimana saja lahan Kutai Timur yang masih kosong. Misalnya saja mereka mau ditempatkan di Kecamatan Sandaran, jadi nanti akan disiapkan lahan dan juga bibit tanaman yang akan mereka kerjakan di sana. Kalau nanti kita taruh mereka ke pegunungan kan sulit sebab mereka terbiasa dengan kehidupan di pesisir”,ungkapnya.

Namun Ismu mengatakan akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan dirjen trasnmigrasi perihal tersebut. Jika memang disetujui maka akan dilakukan kerjasama.

“Kita harus koordinasi terlebih dahulu, karena ini kan merupakan kerja sama antar sektor jadi ya kita harus meminta persetujuan Dirjen Transmigrasi”,pungkasnya.

Lebih lanjut, “Ini dilakukan atas dasar kemanusian, karena banyak dari mereka yang masih trauma dan tidak mau kembali ke daerah asalnya, mengingat antara Palu dan Kutai Timur hanya bersebrangan saja”,ucap orang nomor satu di Kutim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *