HUT ke-68 IDI Kutim Gelar Donor Darah.

teropongmedia.com,Sangatta- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kutai Timur adakan donor darah dalam rangka memperingati HUT IDI ke 68 dan Peduli Gempa, Tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng). Dibuka sejak pukul 09:00 hingga 13:00 Bertempat di Gedung MCU RSUD Kudungga Kabupaten Kutai Timur.

Ketua IDI cabang Kabupaten Kutim Agung Wiratmoko.Sp.OG mengatakan kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk membantu korban bencana di Sulteng dan Hari bakti sosial IDI cabang Kutim.

“Ini merupakan bakti sosial IDI cabang Kutim dalam rangka membantu korban bencana Palu, Sigi dan Donggala (Pasido) dan juga dalam rangka memperingati hari jadi IDI yang jatuh pada tanggal 24 mendatang”,jelasnya.

Sekitar 95 (sembilan puluh lima )orang pendaftar, namun 50 (lima puluh) orang yang memenuhi syarat pendonor yang ikut dalam kegiatan tersebut. Terbagi menjadi golongan darah A berjumlah 17 (tujuh belas) orang, golongan darah B berjumlah 10 (sepuluh) orang, golongan darah AB berjumlah 5 (lima) orang dan golongan darah O berjumlah 18 (delapan belas) orang.

Kita bekerja sama dengan PMI dalam pendistribusian ke Sulteng, melalui Balikpapan akan dikirim ke daerah yang membutuhkan.

“Seberapun darah disini yang bisa diambil akan kita kirim, sesuai dengan kebutuhan disana, jika masih ada yang tersisa maka akan kami serahkan ke PMI untuk stok darah disini”,seperti dilansir teropongmedia (16/10).

Agung juga menghimbau kepada Dokter-dokter yang berada di Sangatta mulai dari dokter gigi, anak, tht, dan lainnya agar turut mengikuti kegiatan tersebut.

“Baik untuk semua Dokter, perawat maupun bidan dan para relawan donor darah yang ada di Kutim agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena semakin banyak donor darah akan semakin baik”,tandasnya

Untuk diketahui, syarat sebagai pendonor harus memiliki berat badan yang cukup, Laki-laki memilik berat badan minimal 60 (enam puluh) kg, Perempuan memiliki berat badan minimal 55 (lima puluh lima) kg keatas, hemoglobin harus 12,5 (dua belas koma lima) keatas, dan memiliki tekanan darah normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *