Wisata Baru Siap Dikunjungi Warga Kutim.

teropongmedia.com,Sangatta- (Minggu, 21/10) Sangatta yang memiliki perairan yang cukup luas membuatnya menjadi tujuan destinasi di Kutai Timur, contohnya seperti pantai Kenyamukan, Teluk Lombok dan Aquatic yang kini sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Kutai Timur.

Karena memiliki laut yang luas, warga Bukit Pelangi memanfaatkan laut yang berada di muara sungai bendera yang menuju kelaut.
Rahman (38) menuturkan dirinya dan warga sekitar mendirikan bangunan / pondok diatas laut yang dijuluki laut alien.

“Ia awalnya saya dan warga sekitar berinisiatif untuk mendirikan pondok disana untuk sekedar bersantai saja”, tuturnya.

Pondok diatas laut itu awalnya hanya berukuran 4 x 4 meter, kemudian pada tahun 2018 ia mengaku ada penambahan dua pondok terbaru yang bertujuan untuk memikat daya masyarakat Sangatta.

“Dulu pondok pertama bangunannya tidak sebagus yang baru ini, tetapi setelah melihat potensi ikan dan terumbu karangnya akhirnya pondok tersebut kami bangun lagi dan sekarang ada tiga pondok yang dapat dihuni dengan baik”,jelasnya.

Berjarak kurang lebih lima kilo meter dari muara sungai bendera, pondok-pondok itu berdiri kokoh tepat diatas laut, menggunakan material kayu ulin dan kayu bekas bakau sebagai pagarnya.

Berdiri sejak tahun 2015 lalu dengan menelan anggaran sekira 25 juta rupiah, kini pondok itu terus dibenahi guna menarik daya wisata lokal.

Cukup dengan merogoh kocek 250 ribu rupiah untuk menyewa pondok dan 250 ribu rupiah sebagai transportasi laut, wisatawan dapat menikmati indahnya venue terumbu karang dan ikan-ikannya, tak jarang penyu dan lumba-lumba pun bisa anda lihat saat berwisata diatas pondok laut yang memiliki sisi kiri laut kenyamukan dan sisi kanan conveyor. (Fitri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *