Program Jamban Sehat, Apresiasi Nomor 1 Tingkat Provinsi,  Kecamatan Rantau Pulung

teropongmedia.com Sangatta- Dengan program jamban sehat, Kecamatan Rantau Pulung menargetkan seluruh desanya, menjadi desa Open Dedecation Free (ODF), yakni desa bebas dari buang air sembarangan.

Dalam mengikuti lomba tingkat provinsi beberapa hari lalu (23/10), program Kecamatan Rantau Pulung mencuri tim penilai provinsi.

Camat Rantau Pulung Mulyono menuturkan, program tersebut tidak menyerap anggaran APBD, serta program jamban sehat akan segera di selesaikan dan sudah disesuaikan dengan jumlah masyarakat yang belum memiliki jamban yang layak.

“Program jamban sehat ini tanpa menggunakan dana ABPD, kelak dibangun sebanyak dua ratus sepuluh (210) buah, di tujuh (7) desa di Rantau Pulung”, jelasnya.

Lebih Lanjut ” Jumlah tersebut sesuai dengan data warga yang memang belum memilki jamban yang layak. Sejak berjalannya program tersebut, baru seratus dua puluh (120) diantaranya yang sudah terbangun, sementara sisanya masih dalam proses pembangunan”, tuturnya.

Tujuan diadakannya program jamban sehat ini juga bertujuan yang menyangkut pembenahan permasalahan kesehatan, karena dengan buang air sembarang bisa menimbulkan pencemaran dan mengganggu kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *