PDAM Kutim Tingkatkan Program Flushing Demi Kenyamanan Pelanggan.

teropongmedia.com Sangatta– Flushing
berfungsi sebagai mengeluarkan endapan di dalam pipa air yang terselubung ke pemukiman warga. PDAM Tirta Tuah Benua (TTB) Kutai Timur melakukan Flushing sebulan sekali. Hal itu bertujuan agar air yang di distribusikan tetap terjamin kebersihannya.

Kepala Cabang (Kacab) PDAM TTB Sangatta Utara Dra. Ester Eka Wahyuni– melalui Kasi Hubungan Langganan (Hublang) Sukati S– mengatakan program Flushing penting dilakukan agar air yang sampai ke pelanggan tidak keruh, berbau, atau kekuningan.

Selain itu, Flushing juga berfungsi membuang kerak, endapan yang berada di dalam saluran pipa.
“Endapan itu dibuang lewat ujung pipa atau Wash Out (WO),” ujarnya.

Flushing dilakukan tiap akhir bulan, akibat dari flushing biasanya air akan mengecil debitnya. Tapi tidak lama paling satu hingga dua jam.

Kepala Seksi (Kasi) Distribusi PDAM TTB Cabang Sangatta Utara Andri Putranto– menuturkan, biasanya flushing kita lakukan tanggal 29-30 di setiap bulannya.

Kemudian, untuk memaksimalkan program tersebut ujung pipa atau WO terus ditambah. Tahun 2018 ada lima, diantaranya di Gang Sahara, Jalan Durian yang terletak di Jalan Yos Sudarso I. lalu Jalan AW Syahranie hingga Kanal II.

Pda tahun 2019 rencana akan di tambahkan tiga WO. Seperti di daerah Margo Santoso, Kampung Tator dan Teluk Lingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *