Tekan Angka TK2D, Kutim Gencarkan Persiapan P3K

Gencarkan P3K : Seliruh TK2D dikumpulkan di GSG

teropongmedia.com-Sangatta.
Ribuan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) padati ruang Akasia (GSG) Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi pada Selasa (8/1) pagi. Hal ini berkaitan dengan adanya. Pengarahan dan tindak lanjut hasil sidak pasca cuti bersama 2 Januari 2019 lalu, untuk TK2D Pemkab Kutim, yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim.

Kepala BKPP Kutim, Zainuddin Aspan, melaporkan jumlah keseluruhan TK2D sebanyak 7753 orang dan Aparatur Sipil Negara (ASN) berjumlah 3573 orang yang ada di Kutim, data tersebut dirangkum sampai akhir 2018.

Sebanyak 903 TK2D dan 505 ASN dinyatakan tidak hadir tanpa keterangan pada sidak sebelumnya.

Sidak yang dilakukan untuk mengevaluasi TK2D, mengingat 2019 mendatang akan ada perubahan status bagi tenaga kontrak ke jenjang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Tujuan hasil sidak ini, untuk melaksanakan evaluasi kepada TK2D dimana dalam tahun ini akan mengalami perubahan jenjang yaitu P3K, serta untuk mengetahui efektifitas, yang mana mampu melakukan perubahan ketatalaksanaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan juga menjadi penataan birokrasi,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris Daerah, Irawansyah, menegaskan, bagi TK2D yang ingin melanjutkan kontrak kerjanya, harap melengkapi berkas untuk daftar ulang, sebagai sistem penggajian akan berbeda dari tahun lalu, serta ada peningkatan, yaitu kenaikan gaji berdasarkan jangka waktu pengabdian tenaga honor di Kutim, seluruh data yang berkaitan dengan SK harus benar-benar lengkap. Karena sistem pembayaran akan melalui BKPP lalu ke BPKAD Kutim.

“Gaji tenaga kontrak akan mengalami kenaikan sebesar 20 hingga 80 persen,” tandasnya.

Mengenai P3K, Irawansyah, menuturkan, seleksi akan dinilai melalui keaktifan dan kedisiplinan kemudian diserahkan kepada BKPP untuk menindaklanjuti hasil penilaian calon P3K.

P3K akan mendapatkan fasilitas yang sama seperti ASN, namun ada hal yang membedakan, yakni, tidak adanya tunjangan pensiun. Untuk diketahui, tujuan dari adanya seleksi TK2D menuju P3K agar mengurangi angka tenaga kerja kontrak disetiap daerah. (fys)

Penulis : Fitiani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *