IPA Kudungga Tahap Dua, Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih Sangatta.

Bupati dan jajaranya saat mengecek air baku di IPA Kudungga.

teropongmedia.com Sangatta– Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga tahap dua telah beroperasional pada hari Kamis, (10/1/2019). Seperti diketahui, IPA Kabo tahap satu sebelumnya telah mampu memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 60 persen, sedikitnya 2500 rumah telah terpenuhi pasokan air bersih.

IPA Kudungga tahap dua ini berkapasitas 100lt/detik dan diharapkan mampu melayani 40 persen kebutuhan air bersih masyarakat Sangatta dan sekitarnya. Jaringan pipa meliputi, Jalan Soekarno Hatta, Bukit Pelangi, A.W. Syahrani, dengan luas area 3927 meter persegi, ditahun pekerjaan 2018-2020.

Pjs Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Suparjan menuturkan sumber air yang baru berasal dari telaga kenyamukan yang berada di area PT. KPC dan memiliki kualitas air terbaik.

“Kualitasnya nomor satu, dari biaya produksi pun lebih murah dari pada IPA Kabo, cakupan PDAM saat ini sudah 80 persen, diharapkan dua tahun kedepan dapat mencapai 95 persen, dan ini menjadi prestasi bersama,” jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Kutim, Ismunandar mengatakan dengan telah diresmikannya IPA Kudungga tahap dua ini mampu, memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakatnya.

“Saya melihat pembangunan di Kutim sudah banyak, seperti gedung-gedung maupun rumah ibadah, sekarang masyarakat Kutim lebih butuh air, itulah sebabnya saya dan wabup fokus ke air, listrik, pembangunan jalan, kesehatan dan pendidikan. Dengan adanya tahap dua ini mampu melayani air bersih secara maksimal kepada masyarakat Sangatta,” ujar Ismunandar, ditemui saat peresmian IPA Kudungga tahap dua di kawasan Stadion Kudungga, Kamis (10/1).

Diakhir sambutannya, Ismunandar, mengucapkan terima kasih kepada PT. KPC yang telah setia berkolaborasi dalam membangun dan bersama-sama menyelesaikan permasalahan air bersih di Kutim untuk lebih maju. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *