Terus Menipis, Kadisdukcapil Minta Tambahan Blanko ke Pusat

Kadisdukcapil Kutim, Januar HPLA.

teropongmedia.com – Sangatta. Memasuki pekan kedua 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim masih kekurangan blanko, untuk mencetak KTP elektronik, sehingga pihaknya terpaksa harus mengurangi percetakan.

Sebagai upaya lain, Kadisdukcapil Kutim, Januar Harlian Putera Lembang Alam mengaku hingga saat ini dirinya masih berada di Jakarta untuk meminta kebutuhan blanko tersebut.

“Saya masih berupaya mendapat blanko. Di kantor jugs kemarin masih aktif melakukan percetakan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (10/1).

Menipisnya blanko tersebut tentu saja tidak mengurangi aktivitas cetak KTP El, pihaknya masih terus melakukan, hanya saja tidak semaksimal biasanya. Menurut Januar biasanya sekira 500 keping KTP Elektronik bisa tercetak, namun karena menepisnya blano pihaknya terpaksa mendahulukan bagi masyarakat yang belum pernah memiliki KTP elektronik sama sekali.

“Percetakan tetap ada, namun untuk saat ini kami lebih prioritaskan yang belum pernah. Jika hanya perpanjang, kami skip dahulu. Apalagi yang habis masa berlakunya baru-baru saja,” bebernya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, ada sekira 55 ribu KTP elektronik milik warga Kutim yang belum di cetak sampai akhir Desember 2018.

“Warga yang melakukan perekaman ada 5000 orang, jadi KTP yang belum dicetak sebanyak 55.744 ribu,” jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya mendapat pinjaman 500 blanko dari Kutai Kartanegara pada pekan lalu. Hal itu disebabkan karena nihil produktifitas percetakan di Kutim saat itu. Dengan ini, ia berinisiatif meminta ke pusat sebanyak 4000 keping namun hanya diberi 1000.

“Kami masih melakukan pengambilan blanko ke Jakarta, setelah itu maka pencetakan KTP akan kembali normal,” harapnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *