2000 Blanko KTP El Kutim, Hanya Mampu Bertahan Sepekan

KESULITAN BLANKO: Kadisdukcapil saat membakar sejumlah KTP El yang rusak.

SANGATTA – Sepekan waktu yang dilalui oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten (Kadisdukcapil) Kutim dalam memperjuangkan permintaan blanko KTP El pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta.

Bersama dengan Disdukcapil Penajam Paser Utara (PPU), pihaknya hanya mendapat 10.000 keping untuk memenuhi kebutuhan Kaltim.

Saat disambangi di ruang kerjanya, Kadisdukcapil Kutim, Januar Harlian PLA menjelaskan mekanisme yang dilaluinya. Bermodalkan surat dari provinsi, ia mampu mendapat sebanyak itu, dari yang sebelumnya hanya ditentukan mendapat 9000 keping blanko saja untuk Kaltim.

“Dari 10.000 itu, 2.000 keping untuk Kutim juga 2.000 untuk PPU. Dimana 6.000 yang tersisa dibagi rata oleh provinsi ke kabupaten kota lain,” ujarnya.

Adapun, persediaan 2.000 tersebut diperkiraan hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Kutim dalam sepekan. Dimana dalam setiap harinya, ia mampu mencetak diatas 200 keping. Terlebih saat ramai.

“Kami tetap prioritaskan yang sudah perekaman. Sisanya yang suket dan rusak. Namun, kami akan tetap menerima perekaman setiap harinya,” bebernya.

Kondisi blanko saat ini dinyatakan belum normal. Berbeda dengan tinta yang dianggap mampu memenuhi kebutuhan.

“Sementara belum normal, masih tahun anggaran baru, tapi sudah lelang saat ini,” tandasnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *