KEK Maloy Siap Diresmikan Bulan Depan

KABID Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Saiful Ahmad.

teropongmedia.com Sangatta– Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, diyakini akan menjadi pelabuhan terbaik di kawasan Indonesia Timur akan segera diresmikan pada Febuari-Maret 2019 mendatang.

Seperti dijelaskan, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Saiful Ahmad, saat ini persiapan peresmian sudah berjalan, seperti listrik, UPT kesehatan, pemadam dan sampah.

“Saat ini persiapan sudah berjalan dengan lancar semua, hanya air saja lagi, akhir bulan PDAM sudah dapat dioperasikan disana,” jelasnya pada saat coffee morning (21/1) lalu.

Pelabuhan Maloy katanya, berada di lintasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan lintasan laut perdagangan internasional, sekaligus di kawasan pusat ekonomi dunia masa depan (Pasific RIM), sehingga KIPI Maloy dinilai sangat strategis.

Dari sisi darat, KIPI Maloy berada di jalur poros lintas Trans Kalimantan yang menghubungkan seluruh provinsi di Kalimantan, termasuk dengan negara tetangga Malaysia dan Brunei Darussalam.

Areal pembangunan KIPI/KEK Maloy seluas 5.035 hektare yang terbagi menjadi dua lokasi, yaitu 1.000 hektare di Teluk Golok untuk pabrik CPO dan 4.035 hektare di Maloy untuk pengembangan kawasan industri dan peti kemas.

Saiful, juga menambahkan, “Kipi/KEK Maloy adalah pelabuhan terdalam di Indonesia, sedangkan untuk status lahan sudah selesai, sudah besertifikat hanya tinggal peresmian saja, selanjutnya berintegrasi dengan Dinas Perhubungan, Bea Cukai dan Syahbandar, sebab nantinya akan berkantor disana,” tutupnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *