Akan Diresmikan, Kesiapan KEK Maloy Capai 80 Persen

KEK MALOY DITINJAU: Selain melakukan kunjungan, Bupati Kutim juga menggelar rapat koordinasi persiapan di Kantor Pengelola KEK Maloy.

SANGATTA – Sesuai rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo, 25 Februari 2019 mendatang, gencar disiapkan.

Termasuk pemantauan lokasi dan rapat yang membahas detaik kesiapan pelabuhan terbaik di kawasan Indonesia Timur itu.

Hasil rapat tersebut menyatakan persiapan KEK Maloy sudah mencapai lebih dari 80 persen, dimana segala kriteria dan syarat untuk beroperasinya kawasan ekonomi khusus telah dipenuhi pihak pengelola, maupun pihak-pihak yang mendukung berdirinya kawasan tersebut.

“Persiapan sudah lebih 80 persen, dengan syarat dan kriteria kawasan sudah siap. Baik infrastruktur, SDM, lahan dan investor yang mau masuk, ujarnya saat diwawancarai usai rapat, Selasa (29/1).

Lebih lanjut, Bupati menegaskan infrastruktur dan fasilitas kawasan saat ini dianggap sudah sangat memadai, dimana listrik mampu mencapai 30 megawatt, air PDAM 99 persen, telekomunikasi sudah terpasang. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah menyaiapkan gedung dan satu unit armada pemadam kebakaran.

Selain itu, KEK Maloy tersebut, akan dibangunkan enam dermaga dengan panjang 550 meter, dimana saat ini baru dua dermaga yang telah terbangun, sementara sisanya menunggu investor.

“Yang jelas sudah terjawab bahwa semua sudah menjadi hijau. Tinggal tunggu masuknya investor saja,” bebernya.

Kondisi terkini, menurutnya baru ada tujuh perusahaan termasuk investor asing yang berbicara padanya.

“Memang ada investor asing juga, tapi kami tetap akan memberdayakan masyarakat sekitar,” tutupnya. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *