Targetkan UHC, Dinkes Minta Stakeholder Daftarkan Pekerja ke BPJS.

FOTO : Sosialisasi dan Advokasi Program JKN masyarakat Kutim.

teropongmedia.com Sangatta– Agar seluruh stakeholder dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kutai Timur segera mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS. Dinkes Kutim laksanakan sosialisasi dan advokasi jaminan kesehatan nasional (JKN) pagi, Kamis (31/1) di Hotel Victoria Sangatta.

Pemerintah akan mencari solusi anggaran yang cukup besar kurang lebih Rp. 15 miliar pertahun. Dari Dinkes Kutim sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 miliar dari APBD dan Rp 2,3 miliar dari pajak rokok.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani, meminta dukungan kepada dinas terkait, stakeholder serta partisipasi camat dan desa beserta aparatnya, untuk lebih mensosialisasikannya dengan masyarakat secara langsung.

“Paling tidak kepala desa memiliki data, artinya di desa tersebut ada beberapa masyarakatnya yang bisa dibantu untuk dibayarkan iurannya agar menjadi peserta BPJS. Dari data ini nantinya akan ditindak lanjuti, ada beberapa anggaran yang harus disiapkan untuk perdesa se- Kabupaten Kutim,” kata Bahrani.

Pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinkes menargetkan pada 2019 mampu mencover seluruh masyarakat bisa masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan, demi mencapai Universal health Coverage (UHC).

Kutim jumlah Basis Data Terpadu (BDT) 84.025 jiwa, jumlah data lengkap 61.915 jiwa dan jumlah data tidak lengkap 22.110 jiwa. Keterangan data lengkap artinya memiliki NIK, data pendukung lengkap (jenis kelamin, alamat dan tanggal lahir). Sedangkan data tidak lengkap tidak memiliki NIK, data pendukung tidak lengkap (jenis kelamin, alamat dan tanggal lahir).

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Kabupaten Kota UHC di Provinsi Kaltim sampai dengan Desember 2018 untuk Kabupaten Kutim, terendah kedua setelah Kabupaten Berau, yakni untuk Kabupaten Kutim, jumlah penduduk terdaftar sebesar 295.951, belum terdaftar 123.805, itu artinya baru mencapai 65 persen. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *