Hasil Laut Melimpah, Masih Kurang Diminati Warga Kutim

KURANG PEMINAT: Hasil tangkapan nelayan kurang diminati masyarakat.

teropongmedia.com Sangatta– Penduduk Kutai Timur (Kutim) masih tergolong rendah dalam hal mengkonsumsi ikan. Jika dikalkulasi, daya konsumsi tangkapan hasil perairan khususnya ikannya hanya mencapai 32-42 per kapita setiap tahun.

Menurut data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim, posisi letak Geografis Kutim yang menghadap ke selat Makassar dengan panjang kurang lebih 240 km2 adalah salah satu modal atau potensi daerah.

Dengan panjang garis pantai seperti ini, potensi kelautan dan perikanan, baik ikan tangkap maupun ikan budidaya dapat dikembangkan lebih optimal. Nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau.

Beragam manfaat dari mengonsumsi ikan diantaranya adalah untuk membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak.

Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim, Nur Ali, menuturkan masih banyak penduduk Kutim yang lebih memilih untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan.

“Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan,” jelasnya.

Pada kesempatannya Nur Ali mengimbau kepada masyarakat Kutim agar banyak menkonsumsi ikan, karena menurut penelitian antara daging merah dengan daging putih, itu lebih bagus menkonsumsi daging putih dari ikan. Terlebih untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat mencerdaskan bayi.

“DKP Kutim akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat Kutim agar gemar makan ikan, baik ikan laut maupun air tawar. Karena ini sangat penting untuk perkembangan anak di Kutim terutama untuk gizi dan perkembangan otak anak,” tutupnya. (Fys)

Penulis: Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *