Persediaan Blanko Memenuhi, Suket Berubah Jadi KTP-El

FOTO : Plt Kabid Kependudukan Disdukcapil Kutim, Hairullah.

teropongmedia.com Sangatta– Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam melalui Plt Kabid Kependudukan, Hairullah mengatakan, saat ini blanko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sudah tersedia di Kutim.

Dari awal Januari 2019, warga terus berbondong-bondong menyerbu Kantor Disdukcapil Kutim untuk mencetak KTP el. Pasalnya, selama ini kebanyakan warga hanya menggunakan surat keterangan (Suket) menjadi KTP sementara.

Rata-rata pencetakan KTP el mencapai 300 keping perhari. Dilihat dari data terakhir, yakni 30 Januari 2019, pihaknya mencetak 473 blanko, dari salah satu itemnya yakni perekaman KTP el sebanyak 59 keping.

Menurut Heru — sapaan akrabnya, pihaknya masih memiliki tanggungan suket 16 ribu lembar. Sementara stok blanko saat ini hanya tersisa sekira 1.800 keping.

“Terakhir kali, kami mendapat kiriman blanko dari pemerintah provinsi sebanyak sekitar 3.000 keping, ditambah kiriman dari pusat 1.000 keping. Bisa dikatakan stok di Disdukcapil Kutim selalu ada, meski kadang stoknya tipis. Kami harap masyarakat juga rajin dan aktif mengurus KTP masing-masing,” tuturnya.

Dia mengaku bangga, sebab warga Kutim seakan sangat antusias. Padahal, pihaknya belum memberikan pengumuman secara terbuka atau melalui media.

“Warga tampaknya sudah langsung tahu kalau ada blanko KTP el, hanya dari mulut ke mulut. Bersyukur, kami juga bisa melayani dengan maksimal karena stok blanko juga cukup banyak,” bebernya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *