Tingkatkan Layanan, Disdukcapil Kutim Maksimalkan Server di Kecamatan.

FOTO : Kadis Disdukcapil Kutim, Januar HPLA, Saat Coffee Morning.

teropongmedia.com Sangatta- Disdukcapil terus berinovasi agar memudahkan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Salah satunya mengubah aplikasi jalur ke kecamatan langsung ke server kabupaten.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) Kutai Timur (Kutim), Januar HPLA, menuturkan, metode ini dianggap lebih mudah dipantau oleh kabupaten daripada jika menggunakan server kecamatan-kecamatan. Hal itu dijelaskan langsung dalam rapat mingguan Coffee Morning di kantor bupati, Senin, (4/2).

Januar menambahkan, jika menggunakan server kabupaten, maka pelayanan saat ini ada yang offline dilakukan di desa, berikutnya online yang langsung ke kabupaten tidak langsung ke pusat.

Dia berharap pelayanan KTP El semakin lancar untuk mendukung kemudahan system administrasi kependudukan. Terlebih menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

“Tentunya kami berharap, agar pelayanan Disdukcapil dapat memudahkan sistem administrasi masyarakat, apalagi di daerah yang jauh,” tandasnya.

Saat ini ada 18 kecamatan yang memiliki server dari pusat. Namun situasinya hanya sekira 30 persen yang dalam kondisi baik, yakni Sangatta Utara, Muara Ancalong, Long Mesangat, dan Muara Bengkal. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *