Enam Puskesmas Kutim Raih Beragam Akreditasi

FOTO WAJAH : Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani.

teropongmedia.com Sangatta– Prestasi membanggakan ditorehkan enam Puskesmas di Kutim. Satu diantaranya mampu meraih predikat utama. Capaian ini tidak terlepas dari keberhasilan program inovatif.

Puskesmas yang mampu meraih akreditasi yakni Puskesmas Sangkulirang dengan predikat dasar, kemudian Kaliorang, Rantau Pulung, Muara Ancalong, Muara Wahau bisa meraih predikat madya dan Puskesmas Bengalon mampu meraih predikat utama.

Dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, Bahrani menerangkan akreditasi ada empat, yakni, paripurna, utama, madya dan dasar.

“Untuk memiliki akreditasi utama harus memiliki sumber daya manusia (SDM) mumpuni serta sarana prasarana memadai dan juga program inovatif, dengan begitu pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal, Puskesmas Bengalon telah mampu melaksanakan itu,” jelasnya.

Kedepannya, Bahrani juga menargetkan pencapaian predikat paripurna. Menurutnya, akreditasi ini merupakan tanggung jawab yang besar.

“Administrasi rapi, semua data dapat dilihat dari seluruh unit, tinggal klik saja dikomputer maka akan langsung muncul data yang diperlukan, dengan semua itu bukan hal mustahil untuk mendapatkan akreditasi paripurna nantinya,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sejak tahun lalu sudah ada 12 dari 21 puskesmas mendapatkan akreditasi, 10 madya, satu utama dan satu dasar. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *