Sampah Sebabkan Intake PDAM Bengalon Tersumbat

DICEK : Tim PDAM saat melakukan Pengecekan dan pembersihan pipa intake.

teropongmedia.com Sangatta– Akibat banyaknya sampah yang dibuang masyarakat Bengalon ke sungai, akhirnya operasi intake dihentikan sementara. Pasalnya banyak sampah plastik dan karung tersedot kedalam pipa intake.

Kepala PDAM Unit Kecamatan Bengalon, Syafril Magribi, menuturkan sekira 10:12 Wita karyawan mendeteksi adanya permasalah di valve pada intake. Setelah dilakukan pengecekan ternyata ada sampah plastik yang ikut disedot sehingga menyebabkan aliran air bermasalah.

Akibat penyumbatan tersebut operasi mesin intake Unit Bengalon terpaksa dimatikan. Selama waktu perawatan tersebut. Namun ini tidak akan memakan waktu lama.

“Saat tim memeriksa ternyata banyak sampah plastik dan karung yang tersedot kedalam aliran pipa intake, ini akan kami bersihkan dan diperkirakan memakan waktu kurang lebih satu hingga dua jam,” tuturnya.

Syafril, juga menambahkan penyumbatan ini tidak akan menganggu pendistribusian air ke masyarakat. Sebab pengaliran selain menggunakan pompa juga bisa lewat pengaliran gravitasi.

“Kami tetap mendistribusikan air dengan menggunakan gravitasi, jadi masyarakat tidak perlu khawatir akan hal ini,” tukasnya.

Syafril Magribi, menambahkan Kedepan, wadah intake akan diperbaiki. Dibuat lebih baik, guna mengantisipasi permasalah yang kadang muncul di lokasi tersebut, juga diusulkan pembuatan dermaga oleh Bagian Perencanaan Teknik dari Kantor PDAM Pusat di Sangatta. (Fys)

Penulis: Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *