Jaga Kualitas Air, PDAM Bersihkan WTP IPA Kabo

DIBERSIHKAN : WTP IPA Kabo saat sedang dibersihkan petugas.

teropongmedia.com Sangatta– PDAM Tirta Tuah Benua melakukan pengurasan dan pembersihan Water Treatment Plant (WTP) Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo Jaya, Sangatta Utara. Kegiatan ini dilakukan hingga tiga kali dalam setahun.

Hal itu bertujuan untuk menjaga kualitas air tetap bersih, bahkan Senin (18/2) kemarin, lokasi kembali dikuras.

Kepala Bagian Produksi PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Rudiansyah mengatakan dari proses produksi air baku ke air bersih menyisakan sejumlah kotoran di WTP. Maka pembersihan tempat ini menjadi rutinitas yang wajib dilakukan secara berkala.

“Pengurasan dan pembersihan terhadap WTP harus rutin dilakukan, minimal dua sampai tiga kali dalan setahunnya, supaya kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan tetap terjaga,” ungkapnya.

Pembersihan dilakukan satu hingga enam Filtrasi serta bak pengendapan (Prasedimentasi).

Proses produksi air baku ke air bersih menyisakan sejumlah kotoran di WTP, area yang dibersihkan juga cukup luas sehingga membutuhkan waktu yang terbilang lama selama pembersihan WTP. Beberapa mesin intake akan dimatikan sementara waktu, untuk memudahkan petugas saat bekerja.

Ia juga menjelaskan proses pembersihan WTP tidak sampai menghentikan distribusi air ke masyarakat. Dia meminta warga agar tidak panik.

“Hanya debitnya yang berkurang. Biasanya 260-270 liter per detik, kini menjadi 200 liter per detik,” jelasnya.

Adapun tahapan pembersihan mulai dari WTP, dua bak prasedimentasi yang masing-masing berkurung lebar lima meter, tinggi 3,60 meter dan pajang 25 meter. Terakhir dibersihkan bak lumpur atau Sludge Drying Bed (SDB) yang merupakan wadah pengolah lumpur IPA. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *