Muara Wahau Dialokasikan Rp. 42 Miliar

DAPAT DANA: Wabup Kutim saat mengunjungi Kecamatan Muara Wahau

teropongmedia.com Sangatta– Pemerintah Kabupaten Kutim telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.42 miliar untuk Kecamatan Muara Wahau di 2019.

Anggaran tersebut dituangkan dalam bentuk Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA), oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutim.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengatakan camat agar memilih ulang apa saja program yang menjadi prioritas tahun ini, agar tidak diajukan lagi pada 2020 mendatang. Diapun meminta agar segera koordinasi ulang dengan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Untuk program yang sudah diusulkan pada 2019 namun belum muncul, agar sekiranya camat bekoordinasi dengan BPD. Jadi pada 2020 berbeda dengan usulan pada tahun sebelumnya, tetapi jika tidak muncul pada tahun ini maka bisa kembali diusulkan untuk berikutnya,” ujar Kasmidi.

Kasmidi menuturkan, untuk anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) Rp.1 miliar tersebut harus dimanfaatkan untuk pelaksanaan program skala prioritas tertentu, yang merupakan kebutuhan paling mendasar.

“DD atau ADD dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang kecil saja, agar tepat sasaran dan dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat di pedesaan. Saat ini, banyak program pembangunan desa yang mengalami kegagalan,” tandasnya.

Kepala Camat Muara Wahau, Irang Ajang menyampaikan beberapa program yang menjadi prioritas diantaranya, semenisasi jalan penghubung di tujuh desa, pembangunan gedung puskesmas dan menempatkan Satpol PP di Muara Wahau. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *