Kutim Pastikan Tidak Ada WNA Ikut Mencoblos

TAK ADA WNA: Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling saat menjabarkan perihal keterkaitan WNA pada pemilu.

SANGATTA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutim pastikan tak ada warga negara asing (WNA) yang terinput Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling. Menurutnya, ia telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

“Di Kutim tidak ada temuan warga asing yang terdaftar di DPT. Jikapun ada, mereka tidak berhak untuk ikut mencoblos,” ujarnya dalam rapat persiapan pemilu di Ruang Arau Kantor Bupati Kutim, belum lama ini.

Di tempat yang sama, Kepala Disdukcapil Kutim, Yanuar Harlian Putra Lembang Alam memastikan hal senada. Menurutnya, tak ada satupun warga asing yang terdata.

“Proses WNA mendapatkan identitas tidak mudah. Sesuai dengan UU 23 dan 24 tahun 2013, dan bersyarat ketat. Bahkan dikeluarkan oleh Dirjen Imigrasi,” tuturnya pada media.

Kalau surat itu sudah ada, lanjutnya, WNA hanya tinggal melampirkan berkas. Dengan rekomendasi dari Dirjen Imigrasi, pihaknya diharuskan siap untuk menerbitkan identitas itu.

“Mereka sama, tetap melalui proses biometrik, semua harus dicek,” tandasnya.

Untuk itu, WNA tetap dituntut wajib lapor. Dia menjelaskan, di Kutim sendiri baru menerbitkan dua kitas dengan masa berlakunya hanya enam bulan. (LRS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *