Sharing KTP El, DPRD Kukar Sambangi Disdukcapil Kutim

SHARING: Suasana kunjungan ke Disdukcapil Kutim

teropongmedia.com Sangatta– Rombongan DPRD Kukar dipimpin Sudirman dari fraksi partai Golkar sambangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kutai Timur pada Rabu (6/3) kemarin.

Kunjungan ini dalam rangka silahturahmi dan ajang bertukar pendapat permasalahan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Sudirman mengatakan di Kukar terdapat sekira 40 ribu KTP-El belum bisa dicetak. Sedangkan hasil koordinasi DPRD Kukar dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum lama ini menyatakan bahwa Surat Keterangan (Suket) sementara perekaman KTP-El tidak dapat digunakan untuk pemilu pada 17 April 2019 ini.

“Disdukcapil Kukar masih ada sekira 40.080 yang belum mencetak. Ini menjadi permasalahan kami, sedangkan suket tidak akan berlaku dalam pemilu nanti,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, ia menanyakan perihal pencetakan KTP-El di Kutim. Sementara setelah dicek pada data online, data pemilih kebanyakan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) Suket masih belum bisa muncul.

“Kami ingin mendengarkan apakah di Kutim juga terjadi hal demikian dan bagaimana mencari jalan keluarnya,” ungkapnya.

Sementara, Kadisdukcapil Kutim, Januar Harlian Putera Lembang Alam mengatakan, Disdukcapil Kutim masih berpedoman pada Peraturan KPU (PKPU) yang terakhir dirilis pada Desember lalu. Yakni, suket masih bisa menjadi alternatif syarat untuk mencoblos.

Disdukcapil Kutim akan menyelesaikan pencetakan Surat Keterangan (Suket), perekaman KTP-El yang sampai saat ini mecapai sebanyak 11.488.

“Sambil menunggu perubahan peraturan PKPU yang baru,” bebernya.

Namun, dari 11.488, setelah dicek kembali ada 1.700 yang data ganda, sebelum penyelesaian Suket tersebut, akan terlebih dahulu melakukan pengahapusan data itu. Diperkirakan pencetakan akan selesai dalam kurun waktu 10-15 hari kedepan. (Fys)

Penulis: Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *