Diintimidasi, Panwaslucam dan Bawaslu Kutim Melapor Ke Polres

MELAPOR: Ketua Bawaslu Kutim Andi Mappasiling usai memberikan laporan intimidasi di Mako Polres

teropongmedia.com Sangatta– Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Sangatta Utara Mustatho, mendapatkan intimidasi dari salah satu pendukung partai politik yang ada di Kutai Timur.

Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutim, Andi Mappasiling yang mendampingi Mustatho, mengatakan intimidasi ini bukan yang pertama kalinya. Sehingga ia menempuh jalur hukum.

“Ancaman secara langsung sudah yang kedua kalinya, belum lagi ditambah ancaman yang melalui via telepon, akibat adanya intimidasi seperti itu membuat kinerja Panwaslucam jadi terganggu, anggota jadi ketakutan untuk menjalankan tugasnya di lapangan” ungkap Andi saat pelaporan, di Mako Polres pada Rabu (12/3).

Sebelum melakukan penertiban alat peraga kampanye (Algaka) Bawaslu dan Panwaslucam selalu mensurati atau menginformasikan kepada pihak LO. Namun, yang berwenang untuk protes ke KPU adalah pelaksana kampanye, tetapi kebanyakan yang komplain dari kalangan pendukung kampanye.

Andi menambahkan, pelaku kasus intimidasi akan benar-benar diserahkan kepada yang berwenang, bukan hanya sekadar teguran saja, namun ada efek jera bagi yang lainnya.

Menurutnya, pesta demokrasi akan terwujud dengan hasil maksimal apabila calon pemilih menyadari bahwa dirinya sebagai warga mempunyai hak dan kewajiban untuk menggunakan suaranya, dalam pemilu tanpa ada tekanan atau paksaan dari pihak manapun.

“Untuk menyambut pesta demokrasi harus santai apalagi dalam memeriahkan, kami menghargai animo masyarakat, asal mengikuti koridor hukum yang ada, jika ada masalah kami juga akan ikuti secara koridor hukumnya,” tuturnya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Komisioner Bawaslu Siti Akhlis Muafin. Ia berharap hal ini dapat menjadi perhatian yang lebih dari pihak keamanan, telebih perlindungan kinerja.

“Semoga ada perlindungan keamanan bagi kami dan biar ada efek jera juga bagi mereka yang mengintimidasi,” ujar Afin sapaan akrabnya. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *