Ribuan TK2D Kutim Sudah Dapat Gunakan BPJS Kesehatan

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat menanyakan jaminan BPJS bagi TK2D.

teropongmedia.com Sangatta– Penyelesaian pendataan seluruh Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) Kutim perihal kebutuhan administrasi kepesertaan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) sudah mencapai 80 persen, setidaknya 5100 TK2D sudah terdaftar dalam jaminan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur (Kutim), Bahrani mengatakan dari 7.352 jumlah TK2D se Kutim, sekira 5100 sudah dapat menikmati jaminan kesehatan.

“Saat ini yang terkonfirmasi sebanyak 5100 TK2D, mereka sudah terdaftar di BPJS, sementara kami bayarkan itu terlebih dahulu, dan kartu sudah dapat digunakan,” jelas Bahrani.

Sementara itu, TK2D yang belum terdaftar masih mengalami kendala dalam pengumpulan data seperti kartu keluarga yang masih belum disetorkan.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang menuturkan seluruh TK2D wajib mendapatkan jaminan BPJS kesehatan.

“Kesehatan TK2D itu penting, jangan sampai ada yang sakit tapi tidak ada jaminan kesehatan, hanya karena OPD tidak menyelesaikan data akhirnya pekerja kita tidak bisa berobat,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinkes Kutim untuk BPJS TK2D sudah dianggarkan Rp. 8 miliar, dengan estimasi pembayaran premi sebanyak 4.363 TK2D. Dinkes juga mengalokasikan anggaran kesehatan bagi masyarakat miskin atau penerima bantuan iuran (PBI) yang dianggarkan Rp.2,4 miliar dengan estimasi 8.807 jiwa. (Fys)

Penulis : Fitriani Yusuf
Editor : LRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *